Pulau Sabu

Pulau Sabu memang tak sepopuler Labuan Bajo, Pulau Komodo, atau Sumba. Tanpa banyak ekspose, pulau di tengah Laut Sawu ini menjadi ikon baru keindahan alam Nusa Tenggara Timur dengan meraih predikat Surga Tersembunyi Terpopuler dan juara Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Lima jam dengan kapal express, atau sepuluh jam dengan kapal ferry, itulah lama penyeberangan dari Kupang menuju Pulau Sabu. Di peta, pulau yang juga kerap disebut Sawu atau Savu ini berada di antara Pulau Sumba dengan Pulau Timor dan Rote. Ingin lebih cepat? Ada pesawat Susi Air dengan rute Sabu – Kupang dan Sabu – Waingapu dari bandara Terdamu, dengan tiket yang masih harus beli on the spot.

Siapa sangka, pulau ini pun pernah disinggahi oleh penemu benua Australia, James Cook. Bahkan pasukan Majapahit pernah singgah dan memberi corak kehidupan di Pulau Sabu sekitar abad ke-14, dengan beberapa peninggalan di Pulau Raijua serta motif tenun Sabu yang bergambar menyerupai pura.

Destinasi utama yang saya kunjungi di pulau ini tentu saja Kelabba Maja – akan saya posting di Travel Stories berikutnya. Selain itu, beberapa spot wisata yang masih alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan antara lain Kampung Adat Namata, danau dan pantai Lederaga, goa Lie Madira, Pantai Seba, Bukit Salju, dan Dataran Tinggi Raekore. Semua masih sepi, begitu alami, hanya ada masyarakat lokal yang begitu antusias menyapa dengan senyum mereka.

Saat daerah seprovinsinya seperti Labuan Bajo dan Sumba harus menerima derasnya digitalisasi dan industri wisata khususnya di kalangan milenial, Pulau Sabu seolah masih belum beranjak dari duduknya, menemani senja hingga temaram di langit barat Laut Sawu.

Pulau Sabu

Pulau Sabu

Pulau Sabu

Pulau Sabu

Pulau Sabu

Pulau Sabu

Pulau Sabu

Pulau Sabu

Pulau Sabu

Pulau Sabu

Postingan di Instagram.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star